Blitar Kota - Jumat, (25/09/2020), Dalam rangka menekan penyebaran Virus Corona, Puskesmas Sukorejo terus membentuk gebrakan baru untuk mendeteksi dini gejala Covid-19. Satu diantaranya dengan adanya Poli Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) Cemara. Sebelumnya Poli Ispa bernama Poli batuk yang sudah beroperasi sejak awal Mei lalu.

Wisma Yuniar, Kepala UPTD Puskesmas Sukorejo mengatakan, tujuan dibentuknya Poli Ispa ini untuk men-screening awal Covid-19 warga Kecamatan Sukorejo. Setiap warga yang mengalami keluhan panas, batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan akan dilakukan pemeriksaan di Poli Ispa. Poli Ispa berada di bagian depan puskesmas, berupa ruang terbuka menjadi satu fasilitas khusus untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di Puskesmas. Dalam Poli ini, terdapat petugas administrasi, dokter, dan petugas farmasi tersendiri. Sehingga masyarakat dengan keluhan seperti gejala Covid-19, tidak perlu antri loket dan memasuki Poli umum.

“Poli Ispa ini kita ada sejak Mei lalu ya, dulu namanya poli Batuk. Ini memang untuk men screening awal Covid-19 di Kecamatan Sukorejo. Jadi tempatnya diluar di depan, warga yang batuk, pilek, panas, nyeri tenggorokan ga perlu antri ataupun ke poli umum,” kata Wisma.

Sementara itu, untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dibidang kesehatan, saat ini Puskesmas Sukorejo mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa diseluruh Kelurahan Kecamatan Sukorejo untuk mendeteksi masalah prioritas kesehatan hingga 6 Oktober nanti. (Fix)

Post format
standard