Blitar Kota - Rabu, (23/09/2020), Untuk melestarikan tradisi dan menjaga warisan leluhur Jawa di Kota Blitar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar mengajak warga Kelurahan Tanjungsari untuk melestarikan tradisi bedah sumber yang terletak di Sumber Sri Tanjung Mbah Bonjol Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo.

Andreas Edison, Kepala Seksi Seni dan Budaya sekaligus Ketua Dewan Kesenian Kota Blitar mengatakan, tujuan bedah sumber ini sebagai upaya melestarikan tradisi budaya leluhur yang sudah turun - temurun dan patut dilestarikan penduduk sekitar. Selain melestarikan tradisi, bedah sumber ini juga untuk meningkatkan fungsi sumber yang ada. Andreas juga menjelaskan, selama Pandemi Covid-19 kegiatan bedah sumber dilaksanakan secara sederhana dengan doa bersama, kirab, kesenian mocopat dan tumpengan, serta tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Bedah sumber tiga yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar ini telah memasuki tahun ke tiga. Setiap tahunnya ada tiga pelaksanaan di setiap Kecamatan di Kota Blitar. Bedah Sumber sebelumnya telah dilaksanakan di Sumber Ubalan Kelurahan Klampok dan Sumber Mbah Jati Kelurahan Bendo.

“Bedah sumber ini sebagai upaya melestarikan tradisi budaya leluhur yang sudah turun - temurun dan patut dilestarikan penduduk sekitar,” jelas Andreas.

Andreas berharap, kedepan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar dapat bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar untuk menyelamatkan beberapa sumber mata air lain yang patut dilestarikan. (Fan)

Post format
standard