Blitar Kota - Setelah di buka secara resmi oleh Badan Pusat Statistik RI pada Senin 31 Agustus 2020, Sensus Penduduk September mulai dilaksanakan Selasa 1 September 2020. Pelaksanaan Sensus September serentak dilakukan seluruh Indonesia hingga 15 September nanti.

Santoso, Wali Kota Blitar menjelaskan, Meski berlangsung ditengah pandemi covid-19, Sensus September diharapkan tidak kalah dengan sensus online yang telah dilaksanakan dua bulan lalu. Sensus September dilakukan secara door to door kerumah warga, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Santoso meminta warga Kota Blitar untuk berpartisiapsi penuh dalam pelaksanaan sensus. Pihaknya menghimbau warga untuk menerima kedatangan petugas sensus dengan baik, serta menjawab berbagai pertanyaan secara jujur dan sesuai fakta. Hal ini bertujuan untuk menentukan rancangan pembangunan daerah, mengingat pelaksanaan sensus hanya dilakukan minimal 10 tahun sekali.
 

“Saya menghimbau untuk warga Kota Blitar berpartisipasi pelaksanaan sensus ini. Terima petugas dengan baik, dan berikan jawaban sesuai fakta, karena datanya nanti sangat penting untuk daerah bahkan nasional.”kata Santoso kepada tim redaksi Mahardhika, Selasa (01/09/2020).

Sebelumnya Kota Blitar mendapatkan penghargaan wilayah paling responsif pelaksanaan Sensus Penduduk Online dari Provinsi dua bulan lalu, lantaran separuh lebih warganya telah mengisi data kependudukan melalui online. Untuk itu, Santoso berharap Sensus September yang saat ini berlangsung tidak kalah sukses dengan Sensus Online lalu. (Fix)

Post format
standard