Blitar Kota - Menjadi agenda setiap tahun, Kelurahan Tlumpu, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar kembali menggelar Kirab Gunungan. Hanya saja ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya, Kirab Gunungan dimeriahkan dengan Pawai Budaya. Untuk tahun 2019 ini, di belakang Kirab Gunungan juga diisi dengan Jalan Sehat. Rangkaian kegiatan bersih desa ini diberangkatkan Santoso, Plt Wali Kota Blitar, Minggu pagi, (08/12/2019). 

“ Saya mengapresiasi positif kegiatan ini, selain sarana melestarikan budaya, juga untuk menjalin kebersamaan dan meningkatkan kesehatan melalui jalan sehat,” kata Santoso. 

Mohammad Hasir, Turah Tlumpu mengatakan, partisipasi masyarakat cukup tinggi disetiap acara bersih desa. Baik itu peserta yang mengikuti dari masing masing RT dan RW serta dari lembaga lembaga sekolah, maupun sebagian warga yang menyediakan hadiah. Lebih dari 100 doorprice yang dibagikan dan diundi. Dengan hadiah utama berupa Kulkas dan Sepeda Gunung.

“ Sebenarnya kegiatan ini berupa jalan sehat. Agar tidak mengurangi nilai sejarah dan budaya keberadaan kelurahan ini, juga diisi dengan Kirab Gunungan,” kata Hasir.

Hal senada juga disampaikan Jatmiko, Warga yang juga panitia Jalan Sehat. Panitia bersama warga memang ingin selalu semangat dalam memajukan kelurahan ini.

“ Terutama warga bisa merasakan kesenangan baik mengikuti kirab maupun jalan sehat serta kegiatan kegiatan lainnya,”kata Jatmiko.

Kirab Gunungan dan jalan sehat mengambil start di Jalan Cemara depan Kantor Kelurahan, peserta melewati Jl.Widuri – jl. Durian – jl. Klampis dan finish di area lapangan olahraga. Gunungan yang di kirab berjumlah empat, merupakan simbul dari Gunungan Ki Ageng Cokro Semedi, Empu Soroito, Barat Ketigo dan Empu Punjung Panangkaran atau Sewu Negoro. (Der)

Post format
standard