Blitar Kota - Karantina mandiri di Lingkungan Rembang Jalan Waru RT.03 RW.03 Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar berakhir Senin, 27 Juli 2020. Sebagai tanda syukur, masyarakat setempat pun menggelar tasyakuran dan tumpengan.

Heru Eko Pramono, Camat Sananwetan mengatakan, warga di Lingkungan Jalan Waru melakukan karantina sejak tanggal 30 Juni 2020. Terdapat 3 gelombang penyebaran Covid-19 di Lingkungan Jalan Waru, gelombang pertama dari tenaga kesehatan di RS Kabupaten Blitar yang dinyatakan positif Covid-19. Kemudian, dilakukan tracing terhadap orang yang kontak erat dengan dua pasien positif. Hasil tracing pertama ada puluhan warga yang kontak erat dan akhirnya menjalani tes swab.

Di gelombang kedua terdapat dua anak perempuan yang dinyatakan positiv Covid-19 dari hasil swab. Kemudian tim gugus tugas Covid-19 Kota Blitar melakukan tracing terhadap enam orang yang kontak erat dengan dua anak perempuan tersebut dan hasilnya positif Covid-19. Dan dari hasil terakhir yang keluar pada hari ini, ketiga gelombang tersebut dinyatakan negatif Covid-19 dan warga menggelar tasyakuran serta tumpengan untuk mengakhiri karantina mandiri.

“Warga di Lingkungan  Jalan Waru melakukan karantina sejak tanggal 30 Juni 2020, Terdapat 3 gelombang penyebaran Covid-19 di Lingkungan Jalan Waru, gelombang pertama dari tenaga kesehatan di RS Kabupaten Blitar yang dinyatakan positif Covid-19” kata Heru saat dikonfirmasi, Senin (27/07/2020).

Sementara itu, Santoso - Walikota Blitar saat dikonfirmasi menghimbau, meski masa karantina sudah berakhir, pihaknya meminta warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Disiplin memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal ini penting dilakukan, untuk mencegah munculnya kluster penularan baru di Kota Blitar.

“Meski masa karantina sudah berakhir, pihaknya meminta warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19” imbuh Santoso.

Tasyakuran berakhirnya masa karantina warga Jl. Waru ini juga dihadiri Kapolres Blitar Kota dan jajaran forkopimcam Sananwetan. Kegiatan diawali dengan do’a bersama lalu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. (Fan)

Post format
standard