Blitar Kota - Selasa (28/07/2020), Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Sosial Kota Blitar menggelar program Khitanan Massal tahun 2020 di 3 Kecamatan yang ada di Kota Blitar. Kegiatan Khitan Massal ini dilakukan secara simbolis di Ruang Transit Kantor Walikota Blitar yang diwakili oleh 3 anak dari masing-masing Kecamatan di Kota Blitar.

Priyo Istanto, Kepala Dinas Sosial Kota Blitar saat dikonfirmasi mengatakan, Khitan Massal ini sebagai upaya Pemerintah Kota untuk meringankan beban orang tua yang akan mengkhitankan anaknya sesuai syariat agama dan ketentuan kesehatan ditengah wabah Covid-19. Terdapat 78 anak yang mengikuti Khitan Massal dari 3 Kecamatan Kota Blitar. Data tersebut sesuai dengan usulan dari beberapa kelurahan yang ada di Kota Blitar untuk warga yang kurang mampu, serta warga yang layak mendapatkan bantuan sosial berupa program Khitan Massal.

Khitan masal ini, nantinya akan dilaksanakan di masing-masing Puskesmas dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Pelaksanaannya juga bertahap setiap harinya hanya mengkhitan 6 anak saja.

“Khitan masal ini sebagai upaya Pemerintah Kota untuk meringankan beban orang tua yang akan mengkhitankan anaknya sesuai syariat agama dan ketentuan kesehatan ditengah wabah Covid-19” jelas Priyo.

Sementara, Santoso - Walikota Blitar saat dikonfirmasi mengatakan, khitan massal ini merupakan bagian program rutin yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Sosial Kota Blitar selama setahun sekali. Selain meringankan beban orang tua yang akan mengkhitankan buah hatinya bagi anak yang mengikuti khitan massal ini juga mendapatkan bantuan berupa sandal gunung, kaos, celana dalam khitan, sarung dan uang tunai Rp. 500.000,-.

“Khitan masal ini merupakan bagian program rutin yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Sosial Kota Blitar selama setahun sekali” kata Santoso.

Santoso berharap, program khitan massal ini bisa membantu meringankan beban masyarakat di Kota Blitar. (Fan)

Post format
standard