Blitar Kota - Kamis, (03/09/2020) Pemerintah Kota Blitar mengikuti Evaluasi Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2020. Acara ini dihadiri oleh seluruh Kepala OPD Kota Blitat dan berlangsung di ruang sasana praja Kantor Wali Kota Blitar melalui zoom meeting.

Drs. H. Santoso, M.Pd Wali Kota Blitar usai penilaian mengatakan, penialaian SAKIP ini menjadi tolak ukur kinerja dari lingkup pemerintahan Kota Blitar. Jika mengacu pada tahun lalu Kota Blitar mendapat nilai B-B, tentu tahun ini diharapakan membaik. Drs. H. Santoso, M.Pd mengatakan, pihaknya telah memaparkan visi misi, program kerja hingga pencapaian kinerja Kota Blitar didepan Penilaian yaitu dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Pihaknya berharap, setiap Kepala OPD memahami tugas pokok dan fungsi guna mewujudkan program kerja sesuai dengan saran dari Menpan RB. Drs. H. Santoso, M.Pd juga menghimbau, tim SAKIP untuk meningkatkan sosialisasi terkait pemahaman disetiap OPD untuk meningkatkan kinerja.

“Hari ini kita melakukan evaluasi SAKIP dengan Kemenpan RB. Alhamdulillah tadi udah saya paparkan bagaimana kinerja dan capaian kepemerintahan Kota Blitar. Ada beberapa saran tadi ya, untuk peningkatan tupoksi dari kepala OPD harus tahu apa yang dilakukan, tugas pokok dan fungsinya.” Jelas Drs. H. Santoso, M.Pd.

Sementara Damanhuri, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekeretariat Daerah Kota Blitar mengatakan, setelah mengikuti acara dan menyimak pemaparan dari Wali Kota Blitar didepan Kemenpan RB, pihaknya optimis untuk hasil penilaian SAKIP dan RB tahun ini. Damanhuri juga mengatakan dengan berbagai prestasi serta pencapaian kinerja Kota Blitar, pihaknya menargetkan tahun ini penilaian SAKIP dan RB memperoleh nilai A, setelah tahun lalu Kota Blitar memperoleh nilai B-B.

“Target kita untuk tahun ini nilainya A, pada tahun lalu kita mendapatkan nilai B-B. setelah mendengarkan pemaparan dari Wali Kota tadi saya rasa kita lebih optimis dapat meraih nilai yang baik, ” Jelas Damarhudi. 

Saat disinggung mengenai kapan nilai evaluasi SAKIP dan RB akan keluar, Damanhuri masih belum dapat memastikan. Pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kemenpan RB.

(Fix)

Post format
standard