Blitar Kota - Rabu, (23/09/2020), Pangdam V Brawijaya melakukan ziarah ke Makam Bung Karno Kota Blitar. Kunjungan kali ini dilakukan dalam menyambut HUT ke 75 TNI Pangdam V Brawijaya didampingi jajaran forkopimda Provinsi Jatim Kota/Kabupaten Blitar dan pejabat tinggi Kodam.

Mayor Jendral TNI Widodo Iryansyah, Pangdam V Brawijaya mengatakan kegiatan ziarah ke Makam Bung Karno ini merupakan Ziarah Nasional menjelang peringatan HUT TNI. Kegiatan ini juga menjadi bentuk penghormatan TNI pada Ir. Soekarno yang memiliki subangsih besar untuk Indonesia. Oleh karena itu, Ziarah Nasional tidak pernah terlewatkan saat peringatan HUT TNI. Widodo menegaskan, ziarah tahun ini jauh lebih sederhana dibanding tahun lalu karena disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19 Namun demikian, pembatasan jarak tidak mengurangi kekhidmatan upacara ziarah.

Dalam kesempatan ini, Mayjen Widodo juga sempat menyinggung terkait sikap TNI menjelang Pilkada 2020. Pihaknya memastikan jajaran TNI netral dan siap mem-back up kepolisian untuk mengamankan Pilkada 2020.

“Selain itu, kita siap menerjunkan personil dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan polisi dalam pengamanan Pilwali 2020,” tegas Widodo.

Sementara itu, Ziarah Nasional ke Makam Bung Karno menjadi tradisi rutin TNI  sejak 2017 lalu. Dilakukan setiap menjelang HUT TNI yang jatuh pada tanggal 5 Oktober. (Kir)

Post format
standard