Blitar Kota - Jelang pelaksanaan Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai protokol penyembelihan hewan qurban di tengah wabah corona, Rabu (08/07/2020)

Acara ini, diikuti oleh 105 takmir dar tiga kecamatan yang ada di Kota Blitar, sebagai langkah sosialisasi jelang Hari Raya Idhul Adha 2020 yang akan datang.  Kegiatan yang bertempat di Aula Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar ini, terbagi menjadi dua hari, mulai tanggal 7 Juli yang diikuti 35 takmir asal Kecamatan Sananwetan, dan pada tanggal 8 Juli diikuti oleh  70 takmir dari Kecamatan Sukorejo dan Kepanjenkidul.

Dewi Masitoh, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan petugas Antemorten-Posmorten yang akan terjun ke masyarakat pada Hari Raya Idhul Adha nanti. Sebanyak 43 petugas akan diterjunkan dengan rincian dimasing-masing Kelurahan terdapat dua  petugas yang terdiri dari dokter hewan dan tenaga administrasi. Dewi meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan shalat Idhul Adha, maupun pelaksanaan penyembelihan hewan qurban.           

“Hari ini kita adakan sosialisasi penyembelihan Hewan Qurban yang diikuti oleh 105 takmir diseluruh Kota Blitar ya. Kemarin Selasa (07/07/2020) kecamatan Sananwetan diikuti 35 takmir dan hari ini Rabu (08/07/2020) Kecamatan Sukorejo dan Kepanjenkidul 70 orang. Harapannya, nanti panitia qurban paham bagaimana kesehatan kita di tengah wabah korona, dan tentunya harus tetap menerapkan protokol kesehatan,”

Tidak hanya mendapatkan materi dari Dinas Kesehatan dan Kemenag Kota Blitar, namun dalam kesempatan ini seluruh peserta sosialisasi Penyembelihan Hewan Kurban Idhul Adha 2020 mendapatkan satu liter disinfektan dan handsanitizer. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian pun meminta agar panitia kurban menerapkan protokol kesehatan dengan memakai kaos lengan panjang, memakai faceshield, menjaga jarak serta membatasi jumlah panitia penyembelihan kurban.

Post format
standard